Advertisement

Bottom 3

Bottom 1

Bottom 2

Donation

Bottom Column

Kamis, 11 Maret 2010

MAKALAH TENTANG MESSAGE DAN PASSING MESSAGE PADA JAVA

Abstract – Makalah ini membahas tentang Message dan Passing message yang terdapat pada pemrograman JAVA, perkembangan bahasa pemrograman yang semakin berkembang, dari yang sulit di pahami oleh manusia sampai yang mudah di mengerti oleh manusia, dalam makalah ini akan di ulas segelintir saja apa itu message dan passing message yang ada pada pemrograman java. Diharapkan dengan adanya sedikit ulasan ini kita bisa membedakan dan mengerti message dan passing message itu.

Kata Kunci : JMPI, MPI, message, passing message, class, object.

Ruang Lingkup

Makalah ini membahas tentang :

  1. Pengertian message dan passing message itu sendiri.
  2. Serta fungsinya masing-masing pada pemrograman java.

Pembahasan

A. Message

Objek-objek memerlukan suatu tipe mekanisme komunikasi untuk saling berinteraksi. Objek-objek saling berkomunikasi dan berinteraksi lewat message, ketika berkomunikasi objek mengirim pesan (memanggilmethod) untuk memberitahu agar objek lain melakukan sesuatu yang diharapkan, Seringkali pengiriman message juga disertai informasi untuk memperjelas apa yang dikehendaki. Informasi yang dilewatkan beserta message adalah parameter message.

Message adalah perluasaan dari message-passing dasar, suatu message system berfungsi sebagai perantara antar proses yang terpisah dan tak tergantung satu sama lain. Message system berfungsi sebagai switch untuk pesan, yaitu tempat dimana proses-proses saling mempertukarkan pesannya secara asinkron dan tak terikat. Pengirim menyimpan pesannya ke message system, yang kemudian menyampaikannya ke antrian pesan nya milik penerima. Begitu pesan sudah dikirim, maka pengirim bebas untuk mengerjakan tugas lainnya. message system menyampaikan suatu pesan dari pengirim ke antrian pesan dari penerima. Tidak seperti model message-passing dasar, suatu middleware menyediakan depository message, dan memungkinkan pengiriman dan penerimaan pesan untuk bisa saling berhubungan. Lewat middleware, pengirim menyimpan pesan ke antrian pesan proses penerima. Proses penerima mengambil pesan dari antriannya dan memproses masing-masing sesuai dengan keperluannya.

Dibandingkan dengan model message-passing dasar, paradigma ini menyediakan abstraksi tambahan untuk operasi asinkron. Untuk mencapai efek yang sama dengan message-passing dasar, pengembang harus menggunakan thread ataupun sejumlah anak proses (child processes) tiap message diasosiasikan dengan suatu topik khusus atau event.

Pihak yang tertarik pada suatu topik khusus tersebut dapat meng-subcribe dirinya ke middleware message system tsb. Jika suatu event terjadi, maka suatu pesan akan dikirimkan dan dipublikasikan ke middleware message system, yang kemudian mengirimkan pesan tersebut ke semua pihak yang telah mengsubscribe topik/event tersebut.

Model publish/subscribe menawarkan abstraksi yang kuat untuk komunikasi multicasting/group. Operasi publish mengizinkan suatu proses untuk multi-cast ke suatu group proses, dan operasi subscribe memungkinkan suatu proses untuk mendengarkan multicast tersebut.

* Kelas (Class) dan Objek (Object)

Kelas merupakan bentuk logik dimana seluruh bahasa berorientasi objek dibangun, kelas mendefinisikan bentuk dan sifat/kelakuan/perilaku objek, Semua konsep/abstraksi yang kita implementasikan di Java harus dikapsulkan/dikemas dalam class.

Kelas adalah template atau prototype yang mendefinisikan type objek, sarana pengkapsulan kumpulan data-data dan method-method yang mengolah data-data tersebut adalah cetakan objek, jadi objek harus merupakan instant suatu kelas. Data dan method berguna untuk mendefinisikan isi dan kemampuan objek.

Apakah hubungan class dengan objek? Class adalah blue print dari objek, ini berarti bahwa kita dapat membuat banyak objek dari satu macam class. Kita tidak dapat melakukan sesuatu dengan/terhadap class (kecuali untuk data dan method static), kita hanya dapat melakukan sesuatu terhadap objek yang diinstan dari sebuah class.

Instants atau objek adalah suatu salinan pola class, dengan kumpulan datanya sendiri yang disebut variable instans. Setiap instantsnull yang merupakan referensi untuk tipe object, sehingga tipenya cocok dengan semua class lain. dapat juga dirujuk sebagai objek. Jika kita mendeklarasikan tipe suatu variabel sebagai suatu class, maka dia memiliki nilai awal sedangkan Objek null tidak memiliki nilai.

* Metod (Methode) dan Atribut (atribut)

Method dikenal dengan fungsi dan procedure. Dalam OOP, Method digunakan untuk memodularisasi program melalui pemisahan tugas dalam suatu kelas. Pemanggilan method menspesifikasikan nama method dan menyediakan informasi (parameter) yang diperlukan untuk melaksanakan tugasnya. 2 Teknik pelewatan parameter (parameter passing) :

¨ Pelewatan dengan nilai (Pass By Value) dimana parameter dilewatkan melalui pengkopian nilai argumen, sehingga perubahan terhadap parameter tidak berpengaruh terhadap argument

¨ Pelewatan dengan Acuan (Pass By Reference) dimana yang dilewatkan adalah objek, sehingga perubahan terhadap parameter akan berlaku untuk variabel yang dilewatkan ke metode.

B. Passing Message

Passing Message adalah secara luas menggunakan model programming yang paralel Pesan yang lewat/ sampaikan perbentengan dengan menciptakan ditetapkan perbaiki jumlah tugas yang serupa dengan uniknya yang saling berhubungan dengan mengirimkan dan menerima pesan ke dan dari satu sama lain.

Message passing adalah paradigma fundamental untuk aplikasi DS. Suatu proses mengirimkan message yang mewakili suatu request, Message di sampaikan ke penerima yang kemudian memproses request tsb dan mengirim pesan balasan.

Kemudian, balasan tsb memicu request lainnya, yang berlanjut pada balasan berikutnya dan seterusnya. Operasi dasar yang dibutuhkan untuk mendukung paradigma message passing adalah send dan receive

Untuk komunikasi yang connection-oriented, operasi connect dan disconnect juga dibutuhkan Dengan abstrasi yang disediakan oleh model ini, proses yang saling terkoneksi melakukan operasi input dan output satu sama lainnya, seperti halnya pada operasi I/O pada file. Operasi I/O menyembunyikan detail komunikasi jaringannya pada level sistem operasi. Antar muka pemrograman aplikasi soket berdasarkan pada paradigma ini.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Ada yg lebih detil gan?

Posting Komentar